Asean Jazz Festival Kembali Digelar


Salah satu acara jazz terbesar di Tanah Air kembali digelar. Kali ini bertajuk 'Asean Jazz Festival 2011'. Konser tersebut akan digelar di Harbour Bay Batam pada 22-23 Juli mendatang. Ini juga bukan kali pertama melainkan sudah ke-4 kalinya salah satu program Wonderful Indonesia ini digelar.
Kemenbudpar selaku penyelenggara juga berjanji akan mengemas acara tersebut jauh lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya. "Asean jazz keempat ini, kami persiapkan lebih menarik, lebih menantang, terlihat dari musisi yang akan mendukung. Sekarang ditambah lagi musisi dari mancanegaranya," ujar Dwiki Dharmawan, saat jumpa pers 4th Asean Jazz Festival 2011, Gedung Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2011).
Banyak musisi International yang akan hadir diantaranya, seperti Kamal Musallam (Oud/Gitaris, Gambus dari Uni Emirat Arab) Israel Varella (drumer dari Mexico), Nasser Salameh (Perkusi dari Jordania) dan penyanyi asal Italia, Paula Rapelo.
Dari Indonesia akan hadir Dwiki Dharmawan Quartet, Iga Mawarni, Dira J Sugandi, Nita Aarsten Quattro, the Jongens 4tet, Iwan Abdie, kelompok Jazz Rock LIGRO yang terdiri dari Gusti Hendy (drumer) Agam Hamzah (gitar) dan Adi Darmawan (bas). Masih banyak juga artis pendukung ternama lainnya. "Dari setiap grup akan mengadopsi karya lokal yang diangkat dalam aransmen jazz mereka," ucap Dwiki. "Tak hanya itu selain tampil group mereka juga akan berkolaborasi," imbuh Dwiki.
Selain kegiatan Asean Jazz Festival, Kemunbudpar RI juga mempersembahkan 2nd Jazz on the Beach, di Pantai Pasir Padi Pulau Bangka pada 27 Juli 2011.