Proton Siapkan "City Global Small Car" untuk Pasar ASEAN


Proton, produsen mobil asal negeri jiran Malaysia, tidak mau kalah mengikuti tren sekarang ini, yaitu mempersiapkan city global small car dan akan diluncurkan di negara ASEAN, tahun depan. PT Proton Edar Indonesia, agen pemegang merek Proton, mengakui sedang melakukan uji coba mesin untuk mobil tersebut di Indonesia.

"Kami harus mencapai jarak pengujian 100.000-150.000 kilometer untuk mengetahui kemampuan mesin ini," kata Mazlan Mohd Zain, General Manager Marketing PT PEI, semalam, dalam kesempatan berbuka puasa dengan wartawan.

Mazlan memaparkan, pada uji coba, Proton tidak menampilkan sosok city global small car. Mesinnya dipasang pada model yang sudah ada dan diuji coba di Indonesia. "Semua harus benar-benar siap, baru kami luncurkan ke pasar," tutur Mazlan.

Di negara asalnya, Proton berencana meluncurkan mobil kecil tersebut, April tahun depan. Sementara di Indonesia, Mazlan mengaku belum bisa memastikannya. "Tapi, berdasarkan pengalaman dari model lain, jeda waktu peluncuran Malaysia dan Indonesia sekitar tiga bulan (Juli 2011)," lanjutnya.

Maret 2010, Proton pernah menampilkan mobil konsep emas yang disinyalir merupakan cikal bakal city global small car. Kalau jadi dipasarkan, Proton akan bersaing dengan Nissan March, Honda Brio, dan Mitsubishi yang juga punya rencana meluncurkan unit di Indonesia. Hebatnya, Proton emas dirancang oleh rumah desain Italia terkenal, ItalDesign, yang dipimpin Giugiaro.