Misteri Istri Nazaruddin yang Raib di Kolombia


Jakarta - Dipastikan hanya M Nazaruddin yang berada di dalam pesawat carter yang disewa untuk memulangkan mantan bendahara umum DPP PD itu dari Bogota, Kolombia? Ke mana istri Nazaruddin, Neneng Sriwahyuni?

Keberadaan Neneng bersama kakaknya, Nazir Rahmat, dan seorang warga Singapura bernama Eng Kian Liem, misterius. Padahal, tiga nama itu sudah dideteksi oleh Polri dan memang mereka mendampingi Nazaruddin saat bersembunyi di Kolombia.

Dubes RI Michael Menufandu dan para pejabat KBRI juga mengaku tidak tahu keberadaan mereka bertiga. Yang jelas, saat pesawat carter jenis Gulfstream itu meninggalkan bandara Bogota, di dalam pesawat hanya ada Nazaruddin dan tim penjemput.

"Info yang masuk ke saya, mereka (Neneng, Nazir, dan Eng) sudah pulang lebih dulu," kata Pejabat Konsuler KBRI di Bogota, I Made Subagia saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/8/2011).

Namun, siapa yang memulangkan mereka, dengan pesawat apa mereka pulang, apakah mereka sempat bertemu tim penjemput, menjadi pertanyaan besar. Tidak ada jawaban pasti. Penuh misteri!

Selain Nazaruddin, Neneng punya peranan penting dalam kasus tender-tender proyek di lembaga pemerintah yang dimenangkan perusahaan-perusahaan Nazaruddin. Namun, berbeda dengan Nazaruddin yang sudah menjadi tersangka dalam kasus suap proyek Wisma Atlet di Kemenpora, Neneng masih ditetapkan KPK sebagai saksi.

Peranan Neneng dalam kasus Nazaruddin diungkap oleh Yulianis, salah seorang yang dekat Nazaruddin. Menurut dia, Neneng memiliki otoritas membuka brankas-brankas yang terdapat di kantor perusahaan Nazaruddin. Neneng juga diyakini mengetahui banyak sepak terjang suaminya.

Lantas di mana Neneng sekarang? Apakah ada tim lain yang mengamankan Neneng, Nazir, dan Eng?