Alonso & Webber 'Aman', Buemi Kena Hukum


Nurburg - Di akhir balapan GP Jerman, Fernando Alonso terlihat harus menumpangi mobil Mark Webber untuk sampai ke podium. Ini terjadi karena instruksi dari Ferrrari ke Alonso.

Pemandangan unik, di mana Alonso sampai harus duduk di pinggir mobil RB7 yang dikendarai Webber, itu terjadi setelah sebelumnya si pembalap Ferrari menepikan 150° Italia-nya tepat setelah balapan.

Hal tersebut dilakukan Alonso usai mendapatkan instruksi dari timnya, Ferrari. Pasalnya, saat itu bahan bakar mobilnya sudah sangat menipis. Masalahnya jika Alonso tidak bisa menyediakan jumlah minimal bahan bakar yang akan diambil FIA pada akhir balapan, ia berisiko kena diskualifikasi.

Demi tindakan pencegahan maka 'Kuda Jingkrak' pun memberikan instruksi kepada Alonso agar menepi. Pada prosesnya, Ferrari pun menjelaskan kalau Alonso "aman", baik untuk masalah jumlah bahan bakar maupun karena perkara ketidakmampuannya mengendarai mobil sampai area podium.

"Mereka mengambil sampel bahan bakar karena usai balapan mesti ada sisa satu liter bahan bakar. Semua sudah beres. Jadi tidak ada apa-apa yang terjadi. (Instruksi) Itu hanya tindakan pencegahan," terang Prinsipal Tim Ferrari Stefano Domenicali di Autosport.

Masih diwartakan Autosport, FIA juga disebut tak bakal menjatuhkan hukuman untuk Webber setelah pembalap Red Bull itu berhenti terlebih dulu, untuk memberikan tumpangan buat Alonso, alih-alih langsung menuju ke area podium.

Sebaliknya dengan Sebastien Buemi, yang mendapatkan hukuman pasca-balapan menyusul insiden di Nurburgring di mana dirinya dinilai mengakibatnya lahirnya singgungan dengan Nick Heidfeld.

Akibat hukuman tersebut, pembalap Scuderia Toro Rosso tersebut diharuskan turun lima posisi dari hasil kualifikasi di seri selanjutnya pada GP Hongaria.