Loket Mandala di Bandara Soekarno-Hatta Tutup


Jakarta - Loket maskapai penerbangan Mandala Airlines di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ditutup pasca pengumuman adanya penghentian penerbangan maskapai itu. Sejumlah penumpang yang hendak me-refund tiket akhirnya kecewa dan pergi.

Pantauan detikFinance di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Kamis (13/1/2011), pukul 10.30 WIB, tidak tampak seorang petugas Mandala pun berada di dalam loket. Meja loket terlihat dari luar sudah kosong dan rapi.

Sekitar 3 petugas keamanan bandara dan 4 polisi berjaga di depan loket Mandala. Sementara, tampak kertas pengumuman yang ditempel di depan pintu loket Mandala Airlines.

"Pengumuman penting bagi para penumpang kami. Mandala Airlines akan menghentikan semua operasi dari Selasa 13 Januari 2011 untuk melakukan restrukturisasi bisnis. Pemberhentian operasional penerbangan akan dimulai pukul 06.00 WIB, dan anda disarankan untuk membuat pengaturan perjalanan alternatif pada penerbangan lain," demikian tertulis di pengumuman itu.

"Silakan menghubungi pusat layanan kami atau email kami di cust.feedback@mandalaair.com dengan menyertakan nomor pemesanan anda. Sehingga kami dapat memulai proses pengembalian dana. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan kepada anda. Sebagai akibat dari tindakan ini, kami mencoba yang terbaik untuk mengatasi situasi tersebut dan meminta pengertian dan dukungan. Silakan menghubungi call centre 021 5699700 atau 0804-123- 4567 untuk informasi lanjut," tambah pengumuman tersebut.

Salah seorang calon penumpang yang hendak me-refund tiket, Eva, merasa kecewa
saat tiba di depan loket dan melihat loket tutup. Eva memesan tiket Mandala pada 30 Oktober 2010 untuk keberangkatan Jakarta-Yogyakarta pada 17 Januari 2011. Eva pesan 2 tiket yang pada saat itu sedang promo dengan harga per tiketnya Rp 99.000.

"Menurut teman saya, loket di bandara bisa refund tiket penumpang. Makanya pagi ini saya ke sini ternyata loket malah tutup," kata Eva.

Menurut Eva, dirinya hanya ingin meminta ganti rugi kepada manajemen Mandala. Karena sebelum-sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari pihak Mandala kalau ada kejadian seperti ini. Eva pun sudah menelepon call centre Mandala, namun tidak ada yang mengangkat.

"Saya memang pernah dengar gosipnya ini mau tutup tapi waktu saya beli tiket promo itu saya nggak terpikir itu tandanya mau kejadian ini. Saya pikir ini memang mau promo akhir tahun biasa. Saya coba ke Tomang (kantor pusat Mandala) saja ini," ungkapnya.

Tak cuma Eva yang datang dan merasa kecewa dengan penutupan loket Mandala. Ada beberapa calon penumpang Mandala lainnya yang datang kemudian pulang kembali setelah melihat pengumuman yang ditempel di depan pintu loket.